LATIHAN SOAL
1.
Alasan
yang memotivasi warga Negara rela berkorban untuk bangsa dan Negara adalah …
a.
Memperkokoh
persatuan dan kesatuan
b.
Mempercepat
pelaksanaan pembangunan
c.
Memperkuat
pertahanan keamanan
d.
Mempertahankan
kedaulatan rakyat
2.
Manfaat
menggalang persatuan dan kesatuan dalam masyarakat adalah…….
a.
Menciptakan
keserasian dan kelarasan hidup
b.
Meringankan
beban hidup sehari-hari masyarakat
c.
Terbina
organisasi social masyarakat yang kuat
d.
Meningkatkan
kemampuan kesejahteraan masyarakat
3.
Salah
satu prasyarat terciptanya pertahanan nasional yaitu adanya …….
a.
Kesediaan
anggota masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan
b.
Upaya
untuk mempertahankan nilai nilai tradisi warisan leluhur
4.
Pembangunan
yang menekan pada kebutuhan Bangsa Indonesia membangun Negara untuk mewujudkan
masyarakat adil dan makmur sangat beralasan karena dapat meningkatkan …
a.
Kesejahteraan
bagi masyarakat ekonomi lemah
b.
Taraf
hidup dan pengalaman pancasila
c.
SDA
dan SDM
d.
Taraf
hidup dan pemenuh kebutuhan
5.
Sikap
seorang pelajar yang bangga berbanga dan bertanah airindonesia pada saat Negara
idonesia bahaya adalah…..
a.
Belajar
yang tekun agar dapat eraih cita cita
b.
Mendaftarkan
diri menjadi anggota militer secara sukarela
c.
Menghadapi
musuh yang dating saat seluruh teman melakukannya
d.
Membantu
TNI dalam mengatasi ganguan sesuai dengan kemampuan
6.
Beikut
ini adalah sikap bela Negara yang dapat dilakukan di sekolah adalah
a.
Selalu
memakai seragam sekolah
b.
Menaati
peraturan dan tata tertib sekolah
c.
Menghormati
bendera merah putih setiap hari
d.
Melaksanakan
hibauan dan perintah dari guru
7.
Makna
sikap suka rela berkorban adalah….
a.
Menumbuhkan
sikap bererja keras
b.
Menumbuhkan
sikap pengabdian yang tulus
c.
Meningkatkan
hidup mandiri
d.
Mengembangan
kepribadian yang mantab
8.
Aspek
yg mempengaruhi terwujudnya persatuan dan kesatuan atas dasar kemajemukan bangsa
Indonesia adalah ……
a.
Rasa
senasip sepenanggungan dalam perjuangan
b.
Adanya
dorongan keinginan tiap kelompok
c.
Rasa
peduli untuk membangun daerahnya
d.
Munculnya
gagasan dari setiap kepala adat
9.
Contoh
perilaku baik yang dijiwai oleh kesadaran berbangsa dan bernegara adalah ….
a.
Kerja
sama
b.
Rela
berkorban
c.
Kewaspadaan
berkerja keras
c.
fisik
material
d.
Kesadaran
bagi setiap warga Negara untuk menaati norma yang berlaku
10.
Ugas
kepolisian sebagai penegak hokum adalah …
a.
Menolong
warga yang menjadi korban kecelakaan
b.
Mewakili
pihak yang dirugikan dalam suatu Negara
c.
Memutuskan
perkara sesuai dengan aturan yang berlaku
d.
Mengusut
dan menyelidiki pelanggaran dan kejahatan
11.
Bagi
pelajar sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dalam bentuk …
a.
Berkerja
keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan
b.
Giat
belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan Negara
c.
Mempelajari
sejarah perjuangan para pahlawan
d.
Mendalami
berbagai bidang ilmu pengetahuan
12.
Bentuk
penghormatan pada para pahlawan adalah……
a.
Rajin
belajar dan disiplin agar dapat menjadi pejabat pemerintah
b.
Mempertahankan
dan mengisi kemerdekaan
c.
Berusaha
keras untuk memenuhi kehidupan yang layak
d.
Menghormati
para pahlawan pada waktu upacara bendera
13.
Bela
Negara merupakan wuud kecintaan warga negra dalam menanggulangi
a.
Berbagai
kehidupan yang tidak baik
b.
Bencana
yang menimpa dalam Negara
c.
Musuh
yng dating setiap saat
d.
Berbagai
ancaman yang dating di dalam maupun di luar negri
14.
Peran
peserta didik dalam upaya pembelaan negar di lingkungan sekolah adalah…..
a.
Menaati
nasehat guru biamana perlu
b.
Belajar
dengan tekun dan rajin
c.
Menguasai
ilmu kemiliteran
d.
Berjuang
melawan penjajah
15.
Senjata
yang ampuh untuk mengusir penjajah adalah ….
a.
Bambu runcing yang ditakut penjajah
b.
Banyaknya
pejuang bangsa
c.
Tingginya
rasa persatuan dan kesatuan
d.
Semangat
yang membara dari bangsa Indonesia
16.
Berikut
merupakan kesetiaan pada bangsa dan Negara,kecuali
…
a.
Berkerja
keras sendiri dan untuk kemakmuran diri sendiri dan keluarga
b.
Memiliki
disiplin tinggi dalam melaksanakan tugas bangsa dan Negara
c.
Patuh
dan taaat melaksanakan peraturan yang berlaku
d.
Patuh
dan taat melaksanakan peraturan yang berlaku
17.
Sikap
warga Negara bangga terhadap bangsa Indonesia adalah…
a.
Bangga
menggunakan barang produksi luar negri
b.
Bangga
menggunakan barang produksi dalam negri
c.
Menilai
produk luar negri lebih bagus dari produk dalam negri
d.
Menganjurkan
untuk membeli barang produksi luar negri
18.
Apabila
persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat maka ….
a.
Pembangunan
nasional akan berjalan lancar
b.
Pengganguran
mulai berkurang
c.
Pertumbuhan
ekonomi lambat
d.
Kemerdekaan
bangsa akan tetap terjaga
19.
Rela
berkorban demi kepentingan di era pembangunan ini dengan cara …
a.
Cinta
tanah air
b.
Berkerja
keras
c.
Kerja
bakti
d.
Bergotong
royong
20.
Operasi
miter TNI selain perang dilakukan untuk….
a.
Mengamankan
wilayah perbatasan
b.
Agresi
dengan Negara lain
c.
Pelanggaran
wilayah oleh Negara lain
d.
Sabotase
untuk merusak instalasi penting
21.
Tujuan
pembentukan perserikatan Negara adalah…..
a.
Menentukan
perbatasan Negara
b.
Membantu
penyelesaian sengketa antar Negara
c.
Membentuk
pertahanan bersama
d.
Mempermudah
ekspor dan impor
22.
Gabungan
Negara yang pernah dijajah ingris dan masih mengikatkan diri dalam lingkungan
kerajaan inggris adalah …
a.
Uni
b.
Dominion
c.
Koloni
d.
Protektorat
23.
Pertahanan
Negara disusun berdasarkan prinsip kecuali
….
a.
Demokrasi
b.
Hak
asasi manusia
c.
Kebersamaan
d.
Ketentuan
hokum nasional
24.
Landasan
konstitusional Negara pembelaan Negara tercantum dalam UUD 1945 terutama pasal
27 ayat…….
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
25.
Contoh
pembela Negara konkret non fisik, kecuali…….
a.
Menjadi
anggota TNI Polri
b.
Belajar
dengan tekun dan rajin
c.
Memberi
santunan kepada fakir miskin
d.
Membantu
korban bencana alam
26.
Berikut
ini bukan fungsi Negara menurut John Locke adalah…
a.
Legislative
b.
Federative
c.
Yudikatif
d.
Eksekutif
27.
Hubungan
antara tujuan Negara dan fungsi Negara adalah…
a.
Serasi
b.
Timbale
balik
c.
Saling
melengkapi
d.
Seimbang
28.
Fungsi
negara menurut Montesque dikenal dengan teori…
a.
Dwi
praja
b.
Trias
politica
c.
Catur
praja
d.
Pancapraja
29.
Batas
antara dua Negara dapat berupa perbatasan alam seperti……
a.
Pagar
kawat berduri
b.
Tiang
tiang yang ditanam
c.
Sungai
d.
Pagar
tembok
30.
Suatu
daerah kota dikpalai oleh ….
a.
Gubernur
b.
Walikota
c.
Bupati
d.
Lurah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar